Menghitung Premi Asuransi

Seputar Indonesia, Selasa 6 Mei 2008, Eddy KA Berutu, Cara Perusahaan Menghitung Premi Anda

Bagaimana cara perusahaan asuransi menghitung premi asuransi ? saya akan menyajikan mekanisme perhitungannya kepada anda berdasarkan perhitungannya kepada anda berdasarkan dua acuan, yakni (1) hukum bilangan besar serta (2) mortalitas dan besaran premi.

Pertama, perusahaan asuransi menerapkan hukum bilangan besar. Filosofinya, risiko dan ketidakpastian semakin kecil bila jumlah yang diasuransikan mengalami peningkatan. Semakin besar jumlah orang yang masuk program asuransi jiwa, akurasi perkiraan terhadap kemungkinan kerugian asuransi semakin mudah dilakukan. Pada kondisi ini, perusahaan asuransi mampu mengantisipasi klaim asuransi di kemudian hari secara lebih akurat. Semain besar kelompok yang diasuransikan , kerugian yang akan dialami kelompok tersebut lebih mudah untuk diprediksi.

Contohnya, perusahaan asuransi akan menghadapi risiko besar ketika harus menutup pertanggungan asuransi bagi satu orang senilai Rp 100 juta selama satu tahun. Ketika jumlah orang yang diasuransikan mencapai 500 orang, tingkat ketidakpastian akan menurun meskipun risiko munculnya kejadian meninggal dunia tetap ada. Jika 500.000 berasuransi dalam satu kelompok , rata-rata tingkat fluktuasi kematian akan semakin menurun. Dengan demikian, perusahaan asuransi jiwa mampu mengantisipasi klaim asuransi secara lebih akurat.

Kedua, perusahaan asuransi jiwa menghitung premi berdasarkan hasil statistik dalam tabel tingkat mortalitas. Ini berbicara tentang tingkat mortalitas atau kematian pada setiap tingkatan usia. Tabel statistik ini merupakan catatan mortalitas yang diobservasi pada periode waktu sebelumnya. Dari hasil observasi, perusahaan asuransi membuat angka rata-rata sebagai tolak ukur untuk pembuatan ilustrasi probabilitas tingkat harapan hidup pada setiap kelompok usia.

Perusahaan asuransi menggunakan tabel mortalitas sebagai elemen utama dalam menghitung premi asuransi. Selain itu, perhitungan didasarkan pada besarnya biaya administrasi, biaya distribusi dan asumsi tingkat suku bunga. Besarnya elemen nonmortalitas ini bergantung pada kebijakan setiap perusahaan asuransi.

Secara umum, penentuan tingkat premi setiap perusahaan asuransi jiwa mengacu pada empat prinsip, yakni (1) premi asuransi akan dihitung dengan mempertimbangkan besarnya sebuah kelompok tertanggung. Prinsip rata-rata dan probabilitas hanya dapat berjalan jika diterapkan pada kelompok yang cukup besar. Semakin besar sebuah kelompok tertanggung, perhitungan preminya semakin mendekati hasil yang diperkirakan (2) meskipun tidak diketahui kapan dan bagaimana setiap anggota kelompok akan meninggal dunia nantinya, pengalaman masa lalu cukup baik digunakan sebagai pedoman perkiraan di masa depan (3) perusahaan asuransi jiwa membayar klaim polis asuransi jiwa yang diterbitkan dari sekumpulan dana hasil kontribusi para pemegang polis (4) setiap peserta berkontribusi pada akumulasi dana sesuai dengan tingakt risiko yang dimilikinya. Orang yang berusia lebih lanjut akan membayar tingkat premi lebih tinggi ketimbang mereka yang berusia lebih muda.

Dengan mengetahui cara perhitungan premi, seyogyanya kita menyadari bahwa kesadaran aktif untuk berasuransi sejak dini amat menentukan besarnya premi yang harus kita bayar. Pengelolaan risiko keuangan adalah wujud tanggung jawab kita kepada keluarga. Cara bijaknya adalah memindahkan risiko keuangan kepada perusahaan asuransi dengan membeli produk asuransi jiwa. Ini untuk mengurangi beban keuangan di masa mendatang akibat munculnya kemalangan/musibah dan ketidakpastian. Jangan tunda keputusan untuk berasuransi karena datangnya musibah tak pernah bisa diduga. Segera hubungi perusahaan asuransi atau agen asuransi yang anda kenal.

About these ads

29 responses to “Menghitung Premi Asuransi

  1. Alo bro Andri…. gw mo tanya dong, gimana caranya membuat ilustrasi tentang perhitungan hedging?? Tolong di jawab ya or kirim gw jawabannya lewat email. Thank’s bro…

  2. oke ditunggu ya, mohon maaf saya 1 bulan ini gak bisa online jadi gak bisa ngeliat blog

  3. hallo mas andri

    saya mahasiswa matematika yang sedang menyusun skripsi tentang perhitungan premi berdasarkan asuransi syariah.dapatkah anda meberi tahu buku atau jurna tentang perhitungan premi berdasarkan asuransi syariah.

    • terimakasih atas pertanyannya, saat ini buku yang membahas tentang perhitungan asuransi syariah sangat minim walaupun ada itupun hanya sekedar konsep, saran saya coba aja datang ke kantor asuransi takaful terdekat untuk mengetahui perhitungan asuransi mereka (mystery shopper lah..)

  4. Mas Andri, Saiah mahasiswa mipa sedang menyusun program tentang prehitungan premi. Adakah metode perhitungan premi selaen metode gompartz?? Metode-metode apa saja yang ada? Trus ada referensinya ga? Thx

  5. salam kenal mas.andri
    bisa minta bantuan ny ga..
    untuk asuransi deposito, kaya metode yang digunakan untuk menghitung premi dan penerapan dalam keadaan sbnrnya,.
    thnx

  6. Mas andri, saya saat ini sudah ikut asuransi kecelakaan dan asuransi jiwa di 2 perusahaan asuransi yang berbeda. tadinya saya cuma ikut asuransi di satu perusahaan saja tapi karena perusahaan asuransi yang kedua menjelaskan bahwa di perusahaan asuransi yang pertama, premi yang saya bayarkan akan hangus apabila tidak terakai selama masa asuransi dan diperusahaan yang kedua, apabila asuransi tidak terpakai maka premi yang telah dibayarkan akan dikembalikan 50-80% maka saya ikut juga di perusahaan asuransi yang kedua.
    pertanyaan saya:
    1. apa benar di beberapa perusahaan asuransi, premi yang telah saya bayar selama masa asuransi bisa hangus jika tidak saya gunakan asuransinya atau itu hanya trik si marketingnya saja agar saya ikut di perusahaan asuransinya?
    2. bagaimana ketentuan yang berlaku di dalam AAJI mengenai premi asuransi, apakah ketentuan mengenai premi asuransi diserahkan sepenuhnya kepada perusahaan asuransi yang bersangkutan atau di atur dalam tata norma AAJI?
    terima kasih

    Dedi
    dedi.kotaksurat@gmail.com

    • sepertinya kasus anda hampir mirip dengan saya, o ya apakah anda ambil unit link ?biasanya di beberapa perusahaan asuransi, untuk produk unitlink memang untuk tahun pertama premi yg kita bayarkan memang untuk biaya asuransi, dan mulai tahun berikutnya akan diinvestasikan dengan porsi yg semakin meningkat dari tahun ketahun, misalnya
      tahun 1- alokasi investasi 0%
      tahun 2-alokasi 15%
      tahun 3- alokasi 45%, dst
      memang ini tergantung dari agen asuransinya apakah ia memberikan informasi yg sempurna atau tidak kepada anda
      untuk rate premi asuransi, sepertinya masih diatur oleh AAJI, saya melihat
      antara perusahaan asuransi yg satu dng lainnya, ratenya tidak bergitu bervariasi
      mungkin ada yg bisa menambahkan?

  7. Saya ingin membeli asuransi jiwa(kematian saja), mohon informasi Rata-rata premi yang harus dibayar?
    Saya berumur 41 tahun, pria.
    1. Saya menginginkan uang yang didapat oleh ahli waris saya jika saya meninggal sebesar 500juta.
    2. Berapa premi asuransi MURNI KEMATIAN yang harus saya bayar per SEMESTER atau per TAHUN.
    3. perusahaan asuransi mana saja yang mempunyai prestasi baik di Indonesia untuk ASURANSI JIKA (KEMATIAN).

    Terimakasih,
    alfadinkemal@yahoo.com

    • sebenarnya untuk menghitung ini diperlukan software khusus untuk menghitung premi asuransi yang biasanya dimiliki oleh para agen asuransi, berhubung software ini telah saya uninstall maka akan saya jawab sebisanya,
      untuk perhitungan biaya menyusul, untuk perusahaan asuransi yg bagus saya rasa AJ Bumiputera salah satu favorit saya

  8. salam knl mas andri,,,saya lgi nyusun PI nie tentang perhitungan asuransi pendidikan mnrt konvensional N syariah,,,,saya mnta bntuanny nie mas blh g ?

    thx

  9. silahkan mbak fitri, mungkin bisa saya bantu

  10. salam kenal mas andy, artikel nya bagus, bisa saya minta gak u/di blog saya? trims

  11. Mas Andri, saya mau tanya tentang rumus dasar penghitungan premi. seperti yang telah Anda kemukakan diatas. Namun saya butuh contoh riil penghitungannya melalui rumus. saya punya file salah satu perusahaan asuransi,akan tetapi saya bingung menganalisa, dari mana penghitungan statistik-ny/rumusnya ketika ditemukan angka 0,4;0,45;0,47 dst… pada usia n, dan jangka waktu asuransi n. Saya mohon bimbingannya. Terima kasih.

    • untuk perhitungan premi, tiap perusahaan mempunyai standar yang berbeda-beda, ketika saya pernah menjadi agen asuransi, untuk menghitung premi kita sudah menggunakan software, jadi hitungan manualnya saya kurang mengerti, saya rasa itu sudah menjadi rahasia perusahaan mungkin?
      mohon maaf tidak bisa membantu
      terima kasih

  12. Mas andri pREMi asuransi tU apa ci

  13. Salam abang,,,
    Saya mahasiswa statistika, saya mengambil skripsi tentang perhitungan asuransi dengan metode Zillmer,,,apa abang ada refrensinya ???? oia tabel mortalitas yang terbaru tabel mortalitas tahun berapa ya ???

  14. salam kenal……..

    saya mahasiswa ekonomi……
    mau tanya rumus mencari kontribusi penerimaan premi pada perolehan laba t apa ya bang…..?

    mohon bantuanya…..

  15. salam…..
    sya mo nanya bagaimana perhitungan premi asuransi kredit??
    trma ksh….

  16. maaf kalau bilangan besar bahasa inggrisnya apa? saya mau nyari literaturnya dalam bahasa Inggris

  17. salam,,
    saya sedang menyusun TA mengenai cara menetapkan premi standart dari setiap produk pada asuransi syariah,,bisa ga mas saya minta bantuannya cz saya awam sekali mengenai hal ini??

    terimakasih mas

  18. Mas andri.
    Sya lasta, mau nyusun TA ttg metode perhitungan asuransi, mas. Ada saran buku yang related nggak???
    judul ama pengarangnya aja,mas.
    tq.

  19. ask :

    jika saya mengikutkan anak saya, dengan asuransi pendidikan selama 15 tahun dengan premi
    Rp 500.000 / bulan

    kira-kira setelah 15 tahun, Total yng saya dapat berapa ya ??

  20. Pak Andri mau tanya nih, bagaimana cara menghitung cadangan klaim, untuk asuransi jiwa, terimakasih sebelumnya.

  21. bimbang dengan asuransi….

  22. Mas Adri,…….di comment sebelumnya ada bilang klo untuk menghitung premi asuransi ada softwarenya. Nama softwarenya apa ya? mohon balasannya mas, soalnya saya mau buat program aplikasi penghitung premi dari VB tuk tugas akhir . Terima kasih mas sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s