Penyelesaian Kredit Bermasalah (Bag.1)

Langkah penyelesaian kredit bermasalah yang dilakukan bank bagi nasabah yang masih mempunyai prospek dan mempunyai iktikad baik untuk menyelesaikan kewajibannya adalah:

1. Penagihan intensif oleh bank

Terhadap nasabah yang usahanya masih berprospek dan dianggap masih mempunyai iktikad baik, namun telah menunjukkan gejala-gejala kearah kredit bermasalah harus dilakukan penagihan secara intensif kepada nasabah agar memenuhi seluruh kewajibannya.

2. Rescheduling

Rescheduling adalah upaya penyelamatan kredit dengan melakukan perubahan syarat-syarat perjanjian kredit yang berkenaan dengan jadwal pembayaran kembali kredit atau jangka waktu, termasuk grace period baik termasuk besarnya jumlah angsuran atau tidak

3.Reconditioning

Reconditioning ialah upaya penyelamatan kredit dengan cara melakukan perubahan atas sebagian atau seluruh syarat perjanjian kredit yang tidak terbatas hanya kepada perubahan jadwal angsuran atau jangka waktu kredit saja, namun perubahan tersebut tanpa memberikan tambahan kredit atau tanpa melakukan konversi atas seluruh atau sebagian dari kredit menjadi equity perusahaan.

4.Restructuring

Restructuring ialah upaya penyelamatan dengan melakukan perubahan syarat-syarat perjanjian kredit atau melakukan konversi atas seluruh atau sebagian dari kredit menjadi equity perusahaan dan equity bank yang dilakukan dengan atau tanpa rescheduling dan atau reconditioning

5. Management Assistancy

Management Assistancy adalah bantuan konsultansi dan manajemen professional yang diberikan bank kepada nasabah yang masih mempunyai prospek dan mempunyai itikad baik untuk melunasi kewajibannya, namun lemah didalam pengelolaan perusahaannya, baik dengan cara menempatkan petugas bank maupun meminta bantuan pihak ketiga (konsultan) sebagai anggota manajemen

About these ads

11 responses to “Penyelesaian Kredit Bermasalah (Bag.1)

  1. Prakteknya yang susah untuk menangani NPL

  2. bagian 2 nya mana ya, or kapan ya. ditunggu banget, tapi thanks dulu untuk yang sudah ada

  3. bag 2nya ditunggu

  4. makasih ni refrensinya
    di tunggu bag 2 nya

  5. Bag.2 nya mana…….? ;)

  6. bag 2 nya udah ada belum ya
    buat tambah2 refrensi ni
    makasih untuk refrensi yang ada agan admin :D

  7. Dear Mas Andri, sebelumnya terima kasih atas artikelnya yang informatif. kebetulan saya sedang mencari pengertian kata “Rescheduling” yang pas untuk dituangkan dalam paper saya. Pengertian “Rescheduling” yang Mas Andri tulis kalau boleh tau referensi pustaka nya darimana ya mas? karena saya butuh referensi/daftar pustaka nya atas pengertian “Rescheduling” tersebut untuk dituangkan ke paper saya.. Mohon informasinya. Terima Kasih banyak sebelumnya.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s