Langkah penyelesaian kredit bermasalah yang dilakukan bank bagi nasabah yang masih mempunyai prospek dan mempunyai iktikad baik untuk menyelesaikan kewajibannya adalah:
1. Penagihan intensif oleh bank
Terhadap nasabah yang usahanya masih berprospek dan dianggap masih mempunyai iktikad baik, namun telah menunjukkan gejala-gejala kearah kredit bermasalah harus dilakukan penagihan secara intensif kepada nasabah agar memenuhi seluruh kewajibannya.
2. Rescheduling
Rescheduling adalah upaya penyelamatan kredit dengan melakukan perubahan syarat-syarat perjanjian kredit yang berkenaan dengan jadwal pembayaran kembali kredit atau jangka waktu, termasuk grace period baik termasuk besarnya jumlah angsuran atau tidak
3.Reconditioning
Reconditioning ialah upaya penyelamatan kredit dengan cara melakukan perubahan atas sebagian atau seluruh syarat perjanjian kredit yang tidak terbatas hanya kepada perubahan jadwal angsuran atau jangka waktu kredit saja, namun perubahan tersebut tanpa memberikan tambahan kredit atau tanpa melakukan konversi atas seluruh atau sebagian dari kredit menjadi equity perusahaan.
4.Restructuring
Restructuring ialah upaya penyelamatan dengan melakukan perubahan syarat-syarat perjanjian kredit atau melakukan konversi atas seluruh atau sebagian dari kredit menjadi equity perusahaan dan equity bank yang dilakukan dengan atau tanpa rescheduling dan atau reconditioning
5. Management Assistancy
Management Assistancy adalah bantuan konsultansi dan manajemen professional yang diberikan bank kepada nasabah yang masih mempunyai prospek dan mempunyai itikad baik untuk melunasi kewajibannya, namun lemah didalam pengelolaan perusahaannya, baik dengan cara menempatkan petugas bank maupun meminta bantuan pihak ketiga (konsultan) sebagai anggota manajemen
Prakteknya yang susah untuk menangani NPL
bagian 2 nya mana ya, or kapan ya. ditunggu banget, tapi thanks dulu untuk yang sudah ada
masih dalam proses pak, dalam minggu ini saya update
terima kasih
bag 2nya ditunggu
oke pak
makasih ni refrensinya
di tunggu bag 2 nya
Bag.2 nya mana…….? 😉
ditunggu yaa ^^
bag 2 nya udah ada belum ya
buat tambah2 refrensi ni
makasih untuk refrensi yang ada agan admin
😀
siap, nanti diupdate bag 2 nya
Dear Mas Andri, sebelumnya terima kasih atas artikelnya yang informatif. kebetulan saya sedang mencari pengertian kata “Rescheduling” yang pas untuk dituangkan dalam paper saya. Pengertian “Rescheduling” yang Mas Andri tulis kalau boleh tau referensi pustaka nya darimana ya mas? karena saya butuh referensi/daftar pustaka nya atas pengertian “Rescheduling” tersebut untuk dituangkan ke paper saya.. Mohon informasinya. Terima Kasih banyak sebelumnya.