Analisa Fundamental Saham-PBV Ratio

Rasio ini adalah perhitungan/perbandingan antara market value (harga pasar) dengan book value (nilai buku) suatu saham.

Cara menghitung PBV:
Market Value (harga/nilai pasar) dibagi dengan book value (harga/nilai buku)
Rasio analisis ini berfungsi melengkapi analisis book value. Jika pada analisis book value, investor hanya mengetahui kapasitas per lembar dari nilai saham, pada rasio PBV, investor dapat membandingkan langsung book value dari suatu saham dengan market valuenya. Dengan rasio PBV investor dapat mengetahui langsung sudah berapa kali market value suatu saham dihargai dari book valuenya.
Setelah mendapatkan rasio PBV, investor dapat membandingkanlangsung rasio ini dengan saham-saham di industrinya atau yang bergerak di sektor ekonomi yang sama. Dengan demikian investor akan mendapat gambaran mengenai harga suatu saham, apakah market value saham tersebut sudah relatif mahal atau ternyata masih murah.
Memang tidak ada ukuran pasti mahal tidaknya suatu harga saham jika diukur dari rasio PBV-nya karena hal ini sangat tergantung pada ekspektasi dan kinerja perusahaan/saham tersebut. Tapi, paling tidak rasio ini dapat memberikan gambaran potensi pergerakan harga suatu saham. Maksudnya adalah jika suatu saham yang berkinerja baik ternyata PBV-nya masih rendah dibandingkan dengan rata-rata PBV saham disektornya, harga saham tersebut masih memiliki potensi untuk naik, demikian pula sebaliknya.
Perlu diingat, rasio ini hanya efektif jika digunakan untuk membandingkan saham-saham pada sektor ekonomi yang sama atau dengan perusahaan-perusahaan pada sektor ekonomi yang sama atau dengan perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang yang sama. Ini disebabkan kewajaran berapa kali rasio PBV dapat saja berbeda pada setiap sektor ekonomi. Semuanya sangat tergantung pada ekspektasi pasar terhadap potensi pertumbuhan usaha dari suatu sektor ekonomi

Sumber: Tryfino

Tentang Andri

Seorang family man yang sangat menyayangi keluarganya ^^ Mempunyai 3 orang adik yang lucu-lucu dan 2 orang keponakan yang lebih lucu lagi :p
Pos ini dipublikasikan di Investasi dan tag , , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Analisa Fundamental Saham-PBV Ratio

  1. JUDO ADI SETIJONO berkata:

    kelemahan dan kekuatan PBV dalam mengukur nilai perusahaan apa saja mas?

    • Andri berkata:

      kelemahan analisa pbv adalah nilai rasio ini amat bergantung pada ketepatan asumsi pada nilai book valuenya pak, apakah kita akan memasang asumsi pesimis, moderat atau optimis
      mungkin ada tambahan pak?

  2. dzani berkata:

    yang berpengaruh thdp pbv apa aja pak??

  3. Andri berkata:

    kenaikan harga saham sendiri banyak dipengaruhi oleh fundamental saham/kinerja perusahaan maupun aksi korporasi yang dilakukan oleh perusahaan

  4. yasman sarumaha berkata:

    Pak gimana untuk menjelaskan analisis Fundamental terhadap Proyeksi Pertumbuhan Laba

  5. sky berkata:

    asssalamualaikum pak…. punya journal internasional nya gak mengenai PBV… aku udah cari tapi gak dapet2… pusing nhe buat skripsi….. trims….

  6. marlina berkata:

    pak bagaimana menentukan nilai kewajaran pbv suatu perusahaan?? trus faktor2 apa saja yg menyebabkan kinerja pma dan pmdn bs sama dilihat dr rasio pbvnya??

  7. oky berkata:

    maaf pak….ada jurnal yang menerangkan bahwa price to book value itu kurang efektif untuk membandingkan saham pada sektor ekonomi yang berbeda?
    saya sudah mencarinya tetapi susah sekali
    saya mohon dengan sangat karena ini emnyangkut skripsi saya.

  8. jojo berkata:

    Assalam pak. Pak PBV utk harga pasar saham nya, apakah harga saham penutupan akhir tahun atau harga pasar saat ini?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s