Menjadi Developer Tanpa Modal-Mungkinkah?

 

Akhir-akhir ini banyak kita dengar seminar maupun ajaran yang mengajarkan bagaimanakah cara untuk menjadi developer/pengembang perumahan dengan minim modal bahkan tanpa modal.

Saya tidak bisa bilang bahwa hal tersebut tidak mungkin dilakukan, secara teori itu bisa saja dilakukan sepanjang asumsi dibawah ini dapat dipenuhi, yaitu:

1. Tanah, pembayarannya berdasarkan akad KPR dan tanpa down payment, dan pemilik tanah mau menandatangani Akta Jual Beli, dan juga membaliknamakan sertifikat ke developer sehingga sertifikat tersebut dapat menjadi agunan Bank.

2. Konstruksi, menggunakan jasa kontraktor, yang mana pembayaran atas kontraktor tersebut berdasarkan akad KPR, dan juga tidak dibayarkan per termin progres penyelesaian rumah-istilahnya turnkey project yang mana kontraktor mengerjakan terlebih dahulu semua rumah tersebut dan ketika selesai baru dibayar-pake akad KPR lagi kan? ada yang mau nggak yaa? mesti cari kontraktor yang bermodal pastinya.

3. Perizinan, izin yang pastinya dibutuhkan ialah Ijin Lokasi (jika luasan tanah > 1 Ha, site plan, IMB, peil banjir, dan berbagai rekomendasi lain yang terkait misalnya PDAM dan PLN) setau saya ijin ini mesti dibayar dengan tunai, gak bisa diutang ke instansi terkait, dan biayanya relatif besar yang pastinya akan memengaruhi hitungan Harga Pokok Produksi (HPP) perumahan pengembang, masak untuk izin ini juga ngutang? :p

Jadi silahkan disimpulkan sendiri apakah mungkin bisa tanpa modal?

 

Tentang Andri

Seorang family man yang sangat menyayangi keluarganya ^^ Mempunyai 3 orang adik yang lucu-lucu dan 2 orang keponakan yang lebih lucu lagi :p
Tulisan ini dipublikasikan di Lain-lain dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Menjadi Developer Tanpa Modal-Mungkinkah?

  1. pelaku properti berkata:

    properti tanpa modal adalah keajaiban. artinya orang yg bs menjalankan hal tsb trmsk org2 yg beruntung, krn hrs ada bnyk pihak yg bersedia u/ mndkngnya. bersyukurlah wahai org2 yg trmsk golongan trsbt.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s