Sekilas Tentang BPJS

Tepat 1 Januari 2014, pemerintah resmi menjalankan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Melalui BPJS, kini rakyat miskin di seluruh Indonesia bisa berobat dan dirawat gratis di puskesmas dan rumah sakit. Pemerintah menargetkan pada 2019, 178 juta rakyat Indonesia sudah menjadi peserta.

BPJS_KETENAGAKERJAAN3
Dengan adanya proteksi kesehatan oleh negara, masyarakat setidaknya mulai memahami pentingnya asuransi dan diharapkan mulai mencoba menerapkan perencanaan keuangan yang lebih baik dalam keluarga.
Adapun pelaksananya yaitu PT Asuransi Kesehatan (Askes) dan PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) resmi bertransformasi menjadi masing-masing BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Biaya premi warga yang tidak mampu akan ditanggung negara dengan besaran premi tanggungan Rp 19.225 per orang per bulan untuk 86,4 juta warga miskin.
Biaya bagi penerima upah/gaji rutin per bulan untuk satu tahun pertama sebesar 0.05% dari gaji yang diterima, dan 4 persen dibayarkan oleh pihak perusahaan. Bagi masyarakat umum, pekerja yang tidak menerima upah mandiri dan sektor informal iuran didasarkan kelas. Kelas III Rp 25.000, kelas II Rp 42.500 dan kelas I Rp 59.500.
Ada dua kelompok peserta yang dikelola oleh BPJS kesehatan yaitu Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan peserta non-PBI. Peserta PBI terdiri dari fakir miskin dan orang tak mampu yang berdasarkan data pemerintah pada 2011 peserta PBI berjumlah 86,4 juta orang. Sedangkan peserta non-PBI adalah pegawai negeri sipil, anggota TNI dan Polri, pegawai swasta, pekerja mandiri, bukan pekerja seperti veteran dan penerima pensiun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s