Penerapan Resi Gudang Dalam Pembiayaan Perbankan

Transaksi warehouse receipt (resi gudang) telah banyak dilakukan baik di negara maju seperti US maupun di negara berkembang seperti Philipina, India, Brazil serta di negara dengan perekonomian dalam transisi seperti Polandia. Transaksi warehouse receipt ini melibatkan depositor (producer, farmer group, trader, exporter, processor atau individual) dan warehouse operator (pengelola gudang). Depositor yang menyimpan komoditi pada warehouse (gudang) akan menerima warehouse receipt dari warehouse operator. Warehouse receipt adalah dokumen yang membuktikan barang tertentu dengan jumlah, kualitas dan grade tertentu telah disimpan oleh depositor pada sebuah warehouse.

Dalam pelaksanaan transaksi warehouse receipt dilibatkan juga lembaga lain seperti perusahaan asuransi kerugian, perusahaan penjamin (perusahaan asuransi dan surety company), perusahaan kliring komoditi dan perbankan.

Warehouse receipt dapat digunakan sebagai dokumen yang berfungsi sebagai agunan/collateral untuk mendapatkan pembiayaan yaitu modal kerja dari bank yang bersedia membiayai (financing bank). Besarnya pembiayaan yang dapat disediakan tergantung dari penilaian bank atas warehouse receipt yang diserahkan depositor kepada bank.

Dalam hal ini, kepercayaan financing bank terhadap warehouse receipt sangat ditentukan oleh reputasi warehouse operator yang menerbitkan (issuer) warehouse receipt itu dan fluktuasi harga barang yang dinyatakan dalam warehouse receipt. Dalam pelaksanaan transaksi warehouse receipt ini diperlukan mekanisme pasar yang dapat menciptakan dan menjaga price stability (stabilitas harga) atas barang yang menjadi objek warehouse receipt. Peran pemerintah diperlukan dalam mewujudkan mekanisme pasar tersebut. Dengan perkataan lain, kesuksesan skim warehouse receipt financing ditentukan oleh warehouse operator dan price stability. Semakin baik reputasi warehouse operator dan semakin dapat dipertahankan price stability maka semakin besar jumlah pembiayaan yang dapat disediakan financing bank.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s