Kredit Usaha Rakyat (Updated)

Dengan telah terbitnya Permenko No. 11 tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat (KUR), maka terdapat beberapa perubahan tentang penyaluran KUR antara lain sebagai berikut:

1. Penerima KUR

Terdiri dari usaha mikro, kecil, dan menengah, calon tenaga kerja indonesia yang akan bekerja di luar negeri, calon pekerja magang di luar negeri, anggota keluarga dari karyawan/karyawati yang berpenghasilan tetap atau bekerja sebagai tenaga kerja indonesia, tenaga kerja indonesia yang purna bekerja di luar negeri, pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja, usaha mikro, kecil, dan menengah di wilayah perbatasan dengan negara lain dan/atau Kelompok Usaha seperti Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Gabungan Kelompok Tani dan Nelayan (Gapoktan), dan kelompok usaha lainnya.

2. Penyalur KUR

Penyalur KUR terdiri atas Lembaga Keuangan atau Koperasi, dengan persyaratan sehat dan berkinerja baik, melakukan kerja sama dengan perusahaan Penjamin dalam penyaluran KUR; dan memiliki online system data KUR dengan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP)

3. Agunan

Agunan KUR terdiri atas agunan pokok dan agunan tambahan. agunan pokok merupakan usaha yang dibiayai dan agunan tambahan untuk KUR mikro dan KUR penempatan tenaga kerja Indonesia tidak diwajibkan dan tanpa perikatan; dan KUR kecil dan KUR khusus sesuai dengan kebijakan/ penilaian Penyalur KUR.

4. Jenis Penyaluran KUR

KUR yang disalurkan oleh Penyalur KUR, terdiri atas KUR mikro, KUR kecil, KUR penempatan tenaga kerja Indonesia; dan KUR khusus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s