Mencermati Restrukturisasi Kredit

Berbicara mengenai kredit tentunya tidak seluruh kredit dapat tertagih tepat pada skedul awal sehingga tidak seluruh kualitas kredit di bank dapat tergolong performing, bagi kredit yang tidak dapat tertagih sesuai skedul dapat terindikasi penurunan Prospek Usaha, Kemampuan Membayar maupun Penurunan Kinerja sesuai dengan analisa tiga pilar yang jamak dilakukan oleh pihak bank dalam mengevaluasi kualitas kredit. Secara singkat bagi debitur yang masih memenuhi unsur tiga pilar sesuai dengan ketentuan, dapat dilakukan restrukturisasi atau penyelamatan kredit antara lain harus memenuhi penilaian tiga pilar sehingga dapat dinilai mampu membayar dan mau membayar.

Salah satu langkah yang jamak ditempuh bank dalam memperbaiki kualitas kredit dengan jalan restrukturisasi kredit yang dapat dilakukan melalui penurunan suku bunga kredit, perpanjangan jangka waktu kredit, pengurangan tunggakan bunga/pokok kredit, penambahan fasilitas kredit dan/atau konversi kredit menjadi penyertaan modal sementara.

Khusus skema restrukturisasi kredit melalui penurunan suku bunga cukup lazim dilakukan oleh bank begitu juga perpanjangan jangka waktu dan pengurangan tunggakan bunga. Namun skema restrukturisasi melalui pengurangan tunggakan pokok rasanya cukup berat khususnya bagi Bank BUMN, begitu juga penambahan fasilitas kredit sangat berisiko bagi bank ibaratnya jangan sampai gali lobang tutup lobang malah bank terjebak dengan penambahan baki debet kredit bermasalah karena lemahnya analisa tiga pilar dalam proses restrukturisasi; begitu juga skema konversi kredit menjadi penyertaan modal sementara juga jarang dilakukan oleh bank.

Yang terpenting, dokumentasi harus memadai dan restrukturisasi tidak dilakukan semata-mata untuk memperbaiki kualitas kredit.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s